Pangkep Siap Jadi Pemasok Kacang Ijo di Asia

IMG-20210610-WA0011

Tingginya permintaan pasar Asia, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulsel, Andi Ardian Caco dorong kabupaten Pangkep, sebagai penghasil dan pemasok kacang ijo. Andi Ardian Caco, bahkan menilai bahwa Pangkep, merupakan salah satu daerah penghasil kacang ijo terbesar di Sulsel.

Optimisme tersebut disampaikan Andi Ardian Caco dihadapan Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) saat melakukan penanaman kacang ijo, di desa Parenreng, Kecamatan Segeri, Kamis(10/06).

“Seperti negara tetangga Asia yang selalu membutuhkan permintaan expor untuk bahan pangan. Kita harus tahu sektor pertanian adalah sektor yang bertumbuh dan akan kedepannya membawa Indonesia ke peningkatan ekonomi yang signifikan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Pangkep MYL menyampaikan, komitmen pemerintah kabupaten untuk terus meningkatkan pertanian, sehingga pihaknya juga ikut menjalin kerjasama dengan berbagai pihak demi peningkatan pertanian tersebut.

Mantan ketua DPRD Pangkep itu juga berharap, agar para petani menyerap ilmu jika ada pelatihan. Ia juga mengapresiasi penyuluh dalam mendampingi petani.

“Sebab, jika pertanian meningkat tentu kesejahteraan petani juga ikut meningkat. Dan itu yang menjadi harapan kita semua,” ujar MYL.

Diketahui pihak Dinas Pertanian Provinsi Sulsel telah memberikan bantuan bibit untuk petani Pangkep dengan areal tanam seluas 100 Ha.

Bantuan bibit itu tersebar di tiga kecamatan, yakni di kecamatan Tondong Tallasa, Labakkang dan Segeri.

Dalam kegiatan tanam kacang ijo ini, juga dilakukan penandatanganan kerjasama dengan PT. Agrotama. MoU ini untuk menjamin hasil panen masyarakat kedepannya lebih memiliki nilai ekonomi dan tidak kesusahan dalam memasarkan hasil pertanian.(*)

 

Dikutip Oleh : https://rakyatsulsel.co/2021/06/10/pangkep-siap-jadi-pemasok-kacang-ijo-di-asia/

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>